Pendidikan Bahasa Arab

 

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam mewujudkan sarjana yang profesional, inovatif, kompetitif, dan berakhlak mulia secara nasional pada tahun 2029.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab secara profesional.
  2. Melakukan penelitian dan publikasi pendidikan bahasa Arab pada skala regional dan nasional.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan bahasa Arab.
  4. Mengembangkan pembelajaran bahasa Arab yang inovatif berbasis IT.
  5. Mencetak lulusan yang berdaya saing pada tingkat nasional.
  6. Membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang profesioanl dan tanggungjawab.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang mampu melakukan penelitian dan publikasi dalam bidang pembelajaran bahasa Arab.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang mampu merespon perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang berdaya saing tinggi dalam dunia kerja.
  5. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang berakhlak mulia.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai dari Visi, Misi, dan Tujuan Prodi PBA IAIN Curup:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang memiliki kecakapan akademis, profesional dan memiliki integritas keilmuan yang mumpuni di bidangnya, sehingga tercermin sebagai profesi pendidikan bahasa Arab yang profesional. Contoh para mahasiswa prodi PBA IAIN Curup diberikan pelatihan-pelatihan, seminar dan workshop dalam rangkan untuk meningkatkan pengetahuan mereka terhadap profesi keguruan serta kompentensi yang harus dimiliki untuk menjadi seorang guru yang profesional dalam bahasa Arab. Begitu juga dengan dosen prodi PBA IAIN Curup untuk menjadi guru profesional sekaligus akademisi dalam bahasa Arab, maka para dosen diikutsertakan dalam acara-acara kegiatan FGD, AP-PBA dan IMLA, seminar nasional dan internasional untuk meningkatkan pengetahuan dan penguasaan mereka terhadap keterampilan yang harus dimiliki.
  2. Menghasilkan alumni pendidikan bahasa Arab yang mampu mengembangkan pembelajaran bahasa Arab yang inovatif dan kreatif berbasis IT sehingga para alumni berpeluang untuk mengembangkan model pembelajaran, metode, teknik serta media pembelajaran yang beragam untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Dengan berbagai model pembelajaran, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif dan kreatif diharapkan dapat meningkatkan hasil pembelajaran yang memuaska dari peserta didik sehingga ghiroh pembelajaran bahasa Arab diberbagai lembaga pendidikan semakin meningkat.
  3. Mencetak lulusan yang berdaya saing pada tingkat nasional, yaitu alumni yang dapat bersaing dengan para alumni perguruan tinggi lainnya dalam mengisi berbagai lapangan kerja khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Untuk itu para alumni di samping mempelajari keilmuan bahasa Arab secara teoritis. Mereka juga dibekali dengan berbagai keilmuan bahasa Arab peraktis yang siap pakai sesuai dengan tuntutan era globalisasi saat ini.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang berkhlak mulia dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan memelihara ketagwaan kepada Allah SWT dalam menjalankan tugas sebagai pengajar bahasa Arab. Karena pengajar yang berbahasil bukan saja dapat menjadikan pelajarnya memiliki pengetahuan yang luas akan tetapi tugas yang jauh lebih penting adalah bagaimana seorang pengajar menjadi suri tauladan di tengah para pelajarnya dan mampu merubah sikap mental pelajarnya untuk tidak meninggalkan nilai-nilai agama dalam menajalankan tugasnya sebagai seorang pengajar.

2. Strategi Pencapaiannya

  1. Kecakapan akademis, profesioanl dan memiliki integritas keilmuan yang mumpuni di bidangnya, dapat diperoleh dengan meningkatkan wawasan keilmuan dan kualitas mahasiswa prodi PBA dan dosen melalui berbagai kegiatan ilmiah, seperti pelatihan, seminar, lomba, penulisan karya ilmiah dan sebagainya. Dengan demikian para mahasiswa dapat menjalankan tugasnya dengan penuh rasa tanggungjawab, profesional dan memiliki integritas keilmuan yang mumpuni serta dapat dipertanggungjawabkannya secara keilmuan. Dan juga memotivasi mahasiswa dan terutama dosen prodi PBA untuk menulis artikel ilmiah terakreditasi nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan wawasan keilmuan dan kualitas mahasiswa dan dosen prodi PBA melalui berbagai kegiatan ilmiah, seperti pelatihan, seminar nasional dan internasional, loka karya, dan pelatihan dalam dan luar serta shortcost dalam dan luar negeri. Mendorong mahasiswa dan dosen prodi PBA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 dan S3) dan mendorong para dosen untuk menjadi pemateri dalam berbagai kegiatan ilmiah dalam dan luar negeri.