Profil

Sejarah Fakultas Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah secara historis merupakan salah satu dari Fakultas di Institut Agama Islam Negeri Curup lahir berdasarkan berdasarkan Peraturan Presiden RI nomor 24 tahun 2018 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo tanggal 5 April 2018.  Dalam Peraturan Presiden ini Institut Agama Islam Negeri Curup di cantumkan dalam statuta terdiri dari 3 fakultas dan 1 pascasarjana antara lain : Fakultas Ussuluddin Adab dan Dakwah; Fakultas Tarbiyah; Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam; dan Pascasarjana.

Sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) berubah bentuk menjadi Instiutut Agama Islam Negeri Curup, seiring dengan perubahan itu maka mengalami transformasi Jurusan Dakwah berubah menjadi Fakultas Ussuluddin Adab dan Dakwah; Jurusan Tarbiyah menjadi Fakultas Tarbiyah; Jurusan Syariah menjadi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam; dan Pascasarjana. Walaupun status  status STAIN Curup sudah berubah menjadi IAIN Curup terhitung  sejak terbitnya Peraturan Presiden nomor 24 tahun 2018, berarti  Fakultas Tarbiyah mulai eksis melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Sebagai sebuah organisasi,  Fakultas Tarbiyah, mulai menjalankan tugas pokok dan fungsinya setelah terbitnya Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja (ORTAKER) IAIN Curup dan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2019  tentang STATUTA IAIN Curup. Kemudian  Rektor IAIN Curup atas nama menteri Agama Nomor 0050/In.34/2/KP.07/01/ 2019 tanggal 18 Januari 2019 mengangkat dan melantik Dekan dan dua Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah.

Sebelum terbitnya Peraturan Presiden nomor 24 tahun 2018 tentang IAIN Curup, keberadaan Fakultas Tarbiyah STAIN Curup saat itu memiliki 9 prodi antara lain; Prodi Pendidikan Agama Islam; Prodi Pendididikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah; Prodi Tardris BAhasa Inggris; Prodi Manajemen Pendidikan Islam; Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Prodi Tadris Bahasa Indonesia; Prodi Matematika; dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Terakhir, Fakultas Tarbiyah terus berusaha melakukan pembenahan meningkatkan mutu fakultas, program studi, leadership dan manajemen, layanan administrasi, dosen, mahasiswa dan sumber daya lainnya. Semua itu, tentunya dilakukan dalam rangkaian pencapaian visi yaitu  menjadi Fakultas Yang Bermutu dan berdaya saing dalam Pengembangan Ilmu  pendidikan dan Keguruan yang berbasis nilai nilai  Islam Moderasi di Tingkat Asia Tenggara.