PPL V Fakultas Tarbiyah IAIN Curup 2022

FTAR IAIN Curup, Fakultas Tarbiyah akhirnya bisa melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan atau PPL Mahasiswa secara Offline tahun 2022 ini, setelah 2 kali melaksanakan PPL secara Daring di tahun 2020 dan 2021. Pelaksanaan PPL V Fakultas Tarbiyah IAIN Curup tahun 2022 ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang yang melibatkan 85 sekolah di dua wilayah Kabupaten teresebut. Perlu di ketahui Program PPL ini adalah Mata Kuliah Wajib yang harus di ikuti oleh Mahasiswa sama hal nya dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata) sebelum mereka bisa mengikuti Ujian Komprehensif dan mengambil Mata Kuliah Tugas Akhir atau Skripsi.

PPL V Fakultas Tarbiyah ini diikuti oleh 685 orang Peserta yang berasal dari 9 program studi dilingkungan Fakultas Tarbiiyah yaitu 194 mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam, 243 mahasiswa prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 48 mahasiswa prodi  Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 28 orang Mahasiswa prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), 20 orang Mahasiswa Prodi PBA, 35 orang mahasiswa prodi PAIUD, 64 orang Mahasiswa prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI), 42 orang Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia (TBInd), dan 11 orang Mahasiswa Prodi Tadris Matematika (TMM).

Praktek Pengalaman Lapangan ini di laksanakan selama 3 (tiga) bulan, terhitung mulai mulai senin 12 September 2022 sampai dengan Senin, 12 Desember 2022. setelah Panitia melakukan Survey awal untuk memetakan Sekolah yang menjadi Tujuan Penempatan Mahasiswa PPL V Fakultas Tarbiyah, pada Jumat – Sabtu / 9-10 September 2022 juga telah dilaksanakan Pembekalan (Coaching) Mahasiswa PPL dengan mendatangkan Narasumber dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan yakni Dei Efendi, S.Pd., MM dan Kementerian Agama yakni Inne Kristanti, SP., M.Si Beserta Tutor Kurikulum Merdeka yang kebetulan merupakan Kepala Sekolah SDN 07 Kab Rejang Lebong yakni Tri Handayani, M.Pd.

Terpantau sejak pagi setelah Apel Pagi di lingkungan Kampus IAIN Curup para Dosen DPL mulai beranjak mengantarkan Mahasiswa PPL ke SEkolah yang telah di tentukan oleh Panitia, Pelaksanaan PPL V ini juga melibatkan 85 orang Dosen yang bertindak sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).