REFRESHMENT POLA PELAKSANAAN PPG DALAM JABATAN OLEH KASUBDIT PENGEMBANGAN AKADEMIK DIRJEN PENDIS

FTAR IAIN Curup, Setelah melaksanakan Refresment pertama pada Sabtu 5 Juni 2021 IAIN Curup kembali melaksanakan Refreshment Pola Pelaksanaan PPG bagi Dosen Pengajar, Guru Pamong dan Mahasiswa PPG dalam Jabatan tahun 2021 pada Selasa 8 Juni 2021, yang langsung di isi oleh Narasumber Kasubdit Pengembangan Akademik Dirjen Pendis Kemenag RI Bapak Dr. Syafe’i, M.Ag. Acara yang bertempat di Aula Ar Rasyid Pusat Perpustakaan IAIN Curup ini langsung di hadiri oleh Rektor IAIN Curup Dr Rahmat Hidayat, M.Ag., M.Pd, Wakil Rektor 1 Beni Azwar, M.Pd.Kons, Bapak Wakil Rektor 2 Dr Hamengkubuwono, M.Pd, DEkan Fakultas Tarbiyah Dr H Ifnaldi, M.Pd, wakil Dekan 1 Baryanto, M.Pd, Wakil Dekan 2 H Abdul Rahman, M.Pd, Dosen Pengajar dan Jajaran Fakultas Tarbiyah IAIN Curup, sementara Mahasiswa ikut menghadiri via Aplikasi Zoom.

Dalam kesempatan ini Narasumber menjelaskan bahwa Program Profesi Guru ini adalah meneruskan mandat Undang Undang tentang Guru dan Dosen yang seharusnya setelah 10 tahun UU di Sahkan semua guru dan dosen telah tersertifikasi atau memiliki sertifikat pendidik. namun pada kenyataan nya masih banyak guru guru yang belum mendapatkan sertifikat pendidik, pemateri juga menjelaskan proses panjang sertifikasi tenaga pendidik yang pada awalnya diadakan dengan memberikan evaluasi selama satu minggu atau PLPG kemudian tahun 2017 keluar PP Nomor 19 tahun 2017 tentang perubahan atas PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru pasal 66 bagi guru dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan akhir tahun 2015 dan sudah memiliki kualifikasi akademik S-1/d-IV tetapi belum memperoleh Sertifikat Pendidik melalui pendidikan Profesi Guru. Pendidikan profesi Guru dimaksud pada ayat (1) dibiayai oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Masyarakat. Ketentuan mengenai tata cara memperoleh Sertifikat Pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dengan Peraturan Menteri. Program Pendidikan Profesi Guru yang selanjutnya disebut Program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah (Permenristekdikti No. 55/2017 Pasal 1 butir 5) Bentuk diklat PPG dalam jabatan adalah seperti kuliah 2 semester yang setara dengan 24 SKS, dengan cakupan materi sebagai berikut: Akademik Kompetensi Dasar Pedagogik, Profesional, Sosial, dan Kepribadian, Bakat, Minat, Kepribadian, dan Kesamaptaan, Pembekalan Awal PPG, Lokakarya Pengembangan Perangkat Pembelajaran disertai penguatan substansi materi yang diajarkan, Latihan Mengajar Terbatas, Penguatan kompetensi sosial dan kepribadian, Program Praktik lapangan (PPL), yaitu praktik mengajar mandiri dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing, Praktik Penelitian Tindakan Kelas serta Uji Kompetensi.

Proses pembelajaran akan di laksanakan secara Daring menggunakan Aplikasi LMS yang telah di sediakan oleh Panitia Nasional PPG. Pemateri juga berpesan dengan terpilihnya IAIN Curup menjadi satu satunya lembaga Penyelenggara PPG di Provinsi Bengkulu merupakan peluang yang luar biasa sekaligus tantangan serta kepercayaan yang diberikan oleh Kemenag RI kepada IAIN Curup terlebih dalam situasi pandemi ini. Kita harus berterima kasih, dan bersyukur karena IAIN Curup ditunjuk sebagai PTKIN untuk menyelenggarakan PPG, tentunya hal ini harus dibuktikan dengan kinerja yang bagus. Saat ini kita masih melaksanakan PPG dalam jabatan, artinya inputnya adalah mereka yang telah menjadi guru. Ke depan dan ini sudah diwacanakan oleh direktorat jenderal GTK  (Guru dan Pendidikan Ketenagaan) Dikbud tahun 2020 selain menyelesaikan pendidikan profesi untuk guru dalam jabatan sudah diwacanakan juga untuk melakukan profesi bagi para calon guru. Syarat untuk menjadi guru nantinya harus mengikuti pendidikan profesi guru ini dan mendapatkan sertifikat pendidik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *